Perangkat keras yang ada dalam laboratorium komputer di sekolah

                 

          Perangkat keras yang ada dalam laboratorium komputer di sekolah.

  1. 1.    Splitter

Ethernet splitter adalah perangkat yang memungkinkan dua komputer atau perangkat jaringan 2 terhubung ke router hanya menggunakan satu kabel Ethernet. , fungsi Ethernet splitter adalah untuk mengurangi jumlah kabel yang dibutuhkan dalam jaringan kabel (LAN). Jika kita menggunakan Ethernet splitter ketika menginstal jaringan, kita dapat mengurangi jumlah kabel yang dibutuhkan untuk setengah jumlah perangkat jaringan atau komputer yang digunakan.

  1. 2.    HUB/SWITCH

switch adalah Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.

Hub adalah Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.

  1. 3.    Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Fungsi Router Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

 

 

 

 

  1. 4.    Komputer

Komputer adalah suatu perangkat yang sangat di butuhkan untuk mengakses internet. Dalam hal ini fungsi dari komputer itu sendiri adalah saana dalam proses akses internet sehingga apabila komputer memiliki spesifikasi yang baik dan bagus, maka daya akses internet juga lebih cepat di bantu dengan koneksi ISP yang sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja kompute dalam mengakses internet.

Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain Processor, RAM (Random Access Memory), Harddisk, VGA Card, Monitor.

  1. 5.    Modem

Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Umumnya alat ini digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial up dengan menggunakan line telephone dalam mengakses data melalui jaringan atau internet. Modem berfungsi untuk memasukan sinyal informasi ke gelombang pembawa sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal informasi dan sinyal gabungan.

  1. 6.    Telepon

Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yan penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem dial up. Saat ini kita tidak harus mendaftar ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet@instan yang secara langsung dapat melakukan akses internet.

  1. 7.    Access point

Wireless Access Point adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi bluetooth dan sejenisnya. Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan

Access Point merupakan titik pusat jaringan wireless, alat ini memancarkan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data. Fungsi Wireless Access Point ini kira-kira sama dengan switch / hub dalam jaringan kabel yang memungkinkan banyak client terhubung ke jaringan

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s